Friday, March 15, 2013

Mengoperasikan Software Presentasi

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Membuka Ms. Power Point

Adapun langkah-langkah mengaktifkan atau membuka Power Point adalah :


a. Klik Start ~ All Programs ~ Ms. Office ~ Pilih Ms. Power Point

b. Bisa juga dengan klik ganda pada ikon Ms. Power Point pada Dekstop.

2. Bekerja Dengan Slide

      Setelah Anda membuat slide dengan design template dan mengisi slidenya maka masalah yang muncul adalah bagaimana membuat slide berikutnya. Pelajari langkah-langkah berikut untuk menambahkan slide baru pada presentasi.

1.     Pada outline window, pilih kotak atau slide pertama yang telah Anda buat

2.     Pilih Insert New slide pada menu bar.

3.     Pilih page layout pada window dan klik OK

Anda dapat juga melakukan penyisipan slide di tengah antara slide 1 dan slide 2. Pelajari langkah-langkah berikut untuk

1.    Pada outline window, pilih kotak atau slide sebelum kotak tersebut disisipkan Misal: slide baru ingin diletakkan antara slide 1 dan 2, maka klik slide 1, nantinya slide baru akan berada diposisi slide 2 dan dan slide 2 bergeser jadi slide 3.  

2.    Pilih Insert New slide pada menu bar.

3.    Pilih page layout pada window dan klik OK

Anda dapat juga melakukan delete slide yang telah dibuat.Pelajari langkah-langkah berikut

1.    Pada outline window, pilih kotak atau slide yang akan dihapus

2.    Tekan tombol dilete

3.    Pilih Ok untuk menghapus dan cancel untuk membatalkan.


Menyimpan File :

1. Setelah pembuatan slide selesai maka langkah berikutnya adalah menyimpan file tersebut, dengan langkah-langkah :

-. Klik File dan Save : tentukan lokasi penyimpanan dan nama





Mencetak File :

Pencetakan pada Power Point hampir tidak beda dengan pencetakan pada Microsoft Word.


 
Hal-hal yang perlu untuk diperhatikan antara lain :

·         jenis dan nama printer yang digunakan

·         print rage : seluruh slide, atau slide tertentu

·         jumlah pencetakan

·         Print sebagai : slide atau sebagai hand out

·         Print dengan Gray scale atau black white

Apabila semuanya sudah tertata dengan benar, maka proses pencetakan sudah dapat dilakukan.


MELAKUKAN EDITING

  1. Font (Huruf)Untuk melakukan perubahan huruf pada power point dapat dilakukan dengan cara :  ·         Blok kata/kalimat atau klik area text box yang akan dirubah,
    ·         Klik Menu Format  dan pilih Font hingga muncul dialog seperti gambar dibawah ini :
    Font                  : Untuk memilih jenis huruf
    Font Style   :         Untuk memilih tampilah huruf (biasa, tebal, miring, miring dan tebal).
    Size  :         Untuk menentukan besar huruf.
    Color          : Untuk warna huruf

  1. Alignment

Untuk pengaturan tulisan dapat dilakukan dengan memilih Format | Alignment

    • Align Left (Ctrl+L) memberikan efek tulisan rata kiri seperti gambar dibawah ini :

    • Center (Ctrl+E) memberikan efek tulisan center seperti gambar dibawah ini :

    • Align Right (Ctrl+R) memberikan efek tulisan rata kanan seperti gambar dibawah ini :

  1. Bullet and NumberingBullet and Numbering berfungsi untuk memperjelas focus pada slide presentasi, klik area text box yang akan dirubah. Cara membuat Bulleted List dari Text Box :  

    • Klik Format | Bullets and Numbering dari menu bar atau  

    • Klik kanan pada area text box kemudian pilih Bullets and Numbering sehingga muncul dialog seperti dibawah ini


 

  1. TablePada slide presentasi memungkinkan Anda memasukkan table, dari menu bar klik Table | Insert | Table   · Isilih jumlah kolom dan jumlah baris sesuai dengan table yang akan dibuat

  1. Header/Footer dan Page NumberingHeader/Footer berfungsi untuk informasi pada slide presentasi, pada semua halaman atau sebagian presentasi. Page Numbering berfungsi untuk memberikan halaman pada slide secara otomatis. ·  Pada menu bar klik View | Header and Footer 
    ·  Check List Date and time untuk menampilkan tanggal, pilih Update automatically jika
       anggal yang diinginkan otomatis atau pilih Fixed  jika tanggal yang akan ditampilkan     tetap
    ·  Check List Slide Number untuk memberikan halaman pada slide presentasi ·  Check List Footer dan Masukkan tulisan yang akan dijadikan sebagai catatan kaki.

  1. Background (Latar Belakang)Langkah-langkah untuk mengatur latar belakang slide : ·Klik Format | Background dari menu bar, atau klik kanan pada slide kemudian pilih    background  sehingga muncul gambar di bawah ini.
    ·Pilih warna yang dikehendaki melalui menu drop-down dibawah kotak background fill atau pilih More Colors untuk pilihan warna yang lebih variatif.
    ·Pilih Fill Effect dari menu drop-down untuk menambahkan Gradient, Texture, Pattern, Picture

MEMBERIKAN EFEK PADA SLIDE

Efek pada slide adalah salah satu hal yang penting pada sebuah presentasi agar apa yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan. Efek yang bisa diberikan yaitu animasi dan suara.

Langkah-langkah untuk memberikan efek :

·    Pilih halaman yang akan diberikan efek

·    Dari menu bar Klik Slide Show | Custom Animation sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini


  • Pilih text box/obyek yang akan diberikan animasi seperti pada nomor 1 gambar diatas.

  • Selanjutnya perhatikan pada nomor 2 gambar diatas akan memberikan informasi obyek yang telah terpilih.

  • Nomor 3 gambar diatas adalah drop-down pilihan animasi text/tulisan

  • Nomor 4 gambar diatas adalah drop-down pilihan suara

  • Nomor 4 gambar diatas adalah drop-down pilihan tulisan ditampilkan satu kalimat sekaligus atau kata perkata, atau huruf per huruf

Menjalankan Presentasi  :

Setelah semua slide telah dibuat  jalankan presentasi dengan cara sebagai berikut      :

1.    Klik menu slide show

2.    Klik  view show

      (kedua instruksi ini bias disingkat dengan menekan tombol  f5

4.    Dan lihatlah hasilnya . . . . . . .

5.    Untuk kembali ke lembar kerja , tekan tombol esc.

Untuk membuat presentasi dapat dijalankan terus menerus

1.    Klik  menu slide show

2.    Klik setup show

3.    Beri tanda ok  pada pilihan  loop continuously until ‘esc’

4.    Klik  Ok

5.    Klik   slide show

6.    Klik slide transition

7.    Pada option Advance slide  pilih Automatically After  ( isi  nilai waktu transisi )

8.    Klik Apply to all slide

9.    Klik Slide show 

Dan untuk menghentikannya  dapat ditekan  tombol  esc    

0 comments:

Post a Comment